Spesifikasi keyboard Yamaha PSR S970



Sebelum Yamaha Music Indonesia secara official / resmi meluncurkan keyboard Yamaha PSR S970, kami dari Nafiri Music sebagai dealer prioritas sudah mendapatkan terlebih dahulu keyboard terbaru ini, dan langsung kami coba untuk membandingkan dengan seri sebelumnya yang sudah melegenda dan sangat populer, yaitu seri Yamaha PSR S950.
Nah apa saja kesan dan impresi yang kami dapatkan setelah mencoba keyboard tersebut?
1. Perbedaan yang cukup terlihat adalah dari segi warna, dimana warna PSR S970 ini abu-abu sedangkan PSR S950 berwarna hitam.
2. Layar PSR S970 sudah menggunakan widescreen (lebih besar dibandingkan dengan PSR S950) dan pixelnya juga lebih banyak sehingga lebih tajam.
3. Koneksi video out (pada PSR S950) sedangkan pada tipe terbaru menggunakan VGA Output seperti PC / Laptop (PSR S970). Kenapa tidak HDMI saja ya? Mungkin harus menunggu PSR S990, hehe.
4. Untuk voice guitar, PSR S970 memiliki peningkatan drastis dari segi realitas suara dan tentunya amplifier simulator yang dibanggakan oleh Yamaha dan menjadi fitur utama pada PSR S970 ini! Amplifier simulator ini sudah mencakup sound-sound dari ampli ternama seperti Roland Jazz Chorus, Marshall JCM, Fender Twin Reverb, Roland Jazz Chorus, Orange, dan lain sebagainya. Bagi anda yang bermain gitar, saat memainkan keyboard ini dengan teknik yang tepat tiada bedanya seperti bermain gitar sungguhan!
5. Speaker built in lebih besar dengan output yang lebih besar juga sehingga suara lebih keras. Namun hal ini tidak signifikan, mengingat pada umumnya keyboard ini dimainkan dengan output eksternal seperti amplifier atau speaker monitor.
6. Pada PSR S970 ini ada fitur baru yaitu DJ Style dan DJ Control. Anda dapat menggunakan keyboard ini sebagai mesin DJ (dimana pada umumnya untuk genre DJ ini masih dikuasai oleh jenis keyboard Synthesizer) namun kini Yamaha juga sudah menyediakan fitur yang lengkap untuk fasilitas DJ ini.
7. Style dan Voice yang lebih banyak dibandingkan dengan seri sebelumnya. Hal ini rasanya sudah pasti ya, dan tidak perlu dibahas lebih lanjut. Ada perbedaan sekitar 22 style baru dan international style yang lebih banyak. Bagi pemain Indonesia sendiri, pada umumnya masih lebih mengandalkan style eksternal USB untuk Dangdut Koplo Campursari dan sebagainya. Namun tambahan style internal Yamaha tersebut tentu akan membuat permainan kita menjadi lebih variatif.

Total PSR S950 memiliki 786 Voices + 33 Drum/SFX Kits + 480 XG Voices + GM2 + GS (for song playback). Untuk Style PSR S950 memiliki Preset Styles 408 buah dan Featured Styles: 25 +Audio, 1 FreePlay, 350 Pro, 32 Session.

Tentunya PSR S970 lebih banyak, dimana tipe ini memiliki 989 Voices, including Super Articulation Voices, Organ Flutes! Voices. 41 Drum/SFX kits, and 480 XG voices.
Untuk style, PSR S970 ini memiliki 450 Styles, sudah termasuk all-new DJ styles dan 40 Audio Styles.
8. Memori internal yang lebih besar dibandingkan dengan PSR S950 (muat hingga 512 MB).
9. Penambahan efek vocal harmony II dan Vocoder untuk Synth. Anda suka suara vokal aneh-aneh atau seperti DJ. Pilihan pada PSR S970 ini lebih banyak dari seri sebelumnya PSR S950.
PSR S950 Vocal Harmony: Presets 44, User Settings 10, Vocal Effect 23
PSR S970 Vocal Harmony II : Presets 60, User Settings 10, Vocal Effect 23
10. 2 Live Controller Button, ini tombol baru yang terletak di dekat Modulation Controller. Berguna untuk DJ Effect dan merubah sound-sound pada saat memainkan style. Ini menurut kami adalah salah satu fitur yang cukup baik dan salah satu fitur utama yang membedakan PSR S970 dan PSR S950!
2 Live Controllers tersebut dapat digunakan untuk mengatur dynamic real-time control yang dapat di-assign untuk berbagai kombinasi parameter seperti filter, arpeggio, dan masih banyak lagi.

11. Tombol Arpeggio function untuk akses instan ke database arpegio yang ada di dalam PSR S970! Fitur ini sebenarnya sudah ada di tipe yang rendah yaitu PSR E443, namun tentunya arpegio PSR S970 akan berbeda jauh dengan PSR S443 baik dari segi jumlah maupun kualitas suara dan arpegiatornya.
Kesimpulan : Keyboard Yamaha PSR S970 ini memiliki cukup banyak fitur dibandingkan dengan seri sebelumnya. Hanya perlu diperhatikan bahwa karena harganya juga terpaut cukup jauh, maka PSR S950 juga masih SANGAT layak atau bahkan bisa dikatakan lebih dari cukup bagi seorang pemain keyboard!
Namun bagi pemain pro yang ingin melakukan explore lebih jauh dan akses penuh kepada fitur-fitur baru dalam terobosan keyboard, tidak ada salahnya mencoba keyboard terbaru dari Yamaha ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Spesifikasi Keyboard Yamaha PSR S770

Spesifikasi Keyboard KORG PA600